• September 26, 2022

5 Rekomendasi Pilihan Kue Basah Tradisional Cocok Suguhan Acara Hajatan

Umumnya masyarakat Indonesia membeli jajanan pasar yang dijual di pinggir jalan itu untuk suguhan para tamu ketika sedang mengadakan hajatan seperti syukuran, pernikahan atau arisan. Untuk jajanan pasar yang ada di Indonesia ini memiliki bentuk dan rasa yang unik, sehingga membuat siapapun yang memakannya akan ketagihan. Lantas apa jenis-jenis jajanan pasar yang ada di Indonesia itu?.

Macam-macam Kue Basah Yang Cocok Untuk Dijadikan Suguhan Ketika Hajatan

Dikarenakan harga dari jajanan pasar itu ramah di kantong membuat setiap ada hajatan masyarakat Indonesia akan menyuguhkan makanan tersebut kepada para tamunya. Di mana salah satu jajanan pasar yang sering dijadikan suguhan untuk hajatan yaitu kue basah tradisional. Adapun 5 rekomendasi kue basah yang bisa Anda pilih untuk nantinya dijadikan suguhan bagi para tamu seperti berikut ini.

  • Kue Apem

Jajanan pasar pertama yang bisa Anda suguhkan kepada para tamu ketika sedang mengadakan hajatan yaitu kue apem. Makanan ini memiliki cita rasa manis dan gurih sehingga bisa membuat siapapun yang mengkonsumsinya akan ketagihan. Perlu untuk diketahui bahwa menurut cerita jajanan pasar Ini pertama kali dibawa oleh Ki Ageng Gribig yang termasuk salah satu keturunan dari Prabu Brawijaya. Untuk bahan dasarnya sendiri jajanan pasar itu terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan telur dan santan. Kue apem ini memiliki tekstur yang lembut.

  • Kue Bika Ambon

Jajanan pasar berikutnya yang bisa Anda pilih untuk disajikan kepada para tamu yaitu kue bika ambon. Kue bika ambon merupakan makanan khas daerah Medan Sumatera Utara yang terbuat dari telur, santan dan gula. Jajanan pasar ini memiliki cita rasa manis gurih yang berasal dari gula dan santannya. Di dalam pembuatannya adonannya akan ditambah dengan ragi yang berfungsi untuk mengembangkan kue tersebut. 

  • Kue Cucur

Bagi bagi masyarakat Jakarta tentunya sudah tidak asing lagi dengan jajanan pasar satu ini. Kue cucur merupakan makanan tradisional asal Betawi yang memiliki cita rasa manis. Di mana bahan untuk membuatnya berupa tepung beras dan gula aren. Umumnya masyarakat Betawi menyajikan kue cucur ini untuk upacara-upacara adat seperti pernikahan, khitanan dan lain-lain. Karakteristik dari jajanan pasar ini yaitu memiliki bentuk seperti gunung di bagian tengah dan tipis pada pinggirnya.

  • Kue Dadar Gulung

Dadar gulung termasuk ke dalam salah satu jajanan tradisional yang memiliki cita rasa manis. Biasanya isian di dalamnya berupa kelapa parut yang telah dicampuri oleh gula jawa. Sedangkan untuk kulitnya terbuat dari tepung terigu yang diberi warna hijau. Untuk mendapatkan makanan ini bisa dibilang sangatlah mudah. Pasalnya di pinggir jalan banyak orang-orang yang menjualnya dengan harga terjangkau. 

  • Kue Nagasari

Kue nagasari juga bisa Anda jadikan makanan untuk menyuguh para tamu ketika sedang mengadakan hajatan. Jajanan pasar ini memiliki rasa manis dan gurih. Sedangkan bahan dasar untuk membuatnya berupa tepung beras, tepung terigu, santan, gula dan sagu. Untuk isiannya biasanya masyarakat Indonesia menggunakan pisang raja yang telah dipotong kecil-kecil. Kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus.

Itulah 5 rekomendasi jajanan pasar yang bisa Anda pilih untuk dijadikan suguhan bagi para tamu ketiga sedang mengadakan acara baik pernikahan maupun syukuran. Dikarenakan sebagian besar jajanan pasar itu tidak tahan lama maka perlu menyimpannya secara tepat yakin pada tempat tertutup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.