• June 24, 2024

Apa Penyebab Gigi Hitam? Simak Penjelasannya Berikut!

Gigi hitam dapat menjadi tanda adanya masalah pada gigi dan mulut yang tidak boleh diabaikan. Kenali apa penyebab gigi hitam supaya kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga. Biasanya gigi yang sehat berwarna putih gading. Warna putih gading ini asalnya dari kalsium yang ada pada enamel, yakni lapisan keras yang berfungsi untuk melindungi gigi.

Enamel gigi bisa menipis dan rusak seiring waktu dan menyebabkan lapisan dentin yang berada di bawahnya terlihat. Hal ini yang membuat gigi tampak lebih gelap atau menghitam. Berikut ini beberapa penyebab gigi hitam yang perlu Anda ketahui.

Apa Penyebab Gigi Hitam?

Konsumsi makanan dan minuman tertentu

Kebiasaan minum kopi atau teh bisa membuat warna gigi berubah menjadi kehitaman. Kedua minuman ini mempunyai kandungan zat berwarna gelap yang jika terus-menerus mengenai gigi akan meninggalkan noda pada gigi.

Noda ini akan semakin cepat terbentuk jika Anda malas menyikat gigi. Selain kopi dan teh, noda pada gigi juga bisa timbul karena kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol termasuk anggur merah, minuman bersoda, dan makanan bertepung seperti kentang dan kue.

Penggunaan Obat-Obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa mempengaruhi warna gigi. Antibiotik tetrasiklin dan doksisiklin bisa memengaruhi pembentukan email untuk anak di bawah usia 8 tahun.

Selain itu, obat antipsikotik, antihistamin, obat anti hipertensi, dan obat kumur yang mengandung chlorhexidine dan cetylpyridinium chloride juga bisa menyebabkan perubahan warna gigi.

Karies gigi

Karies atau gigi rusak bisa terjadi saat kuman atau bakteri di dalam mulut menghasilkan asam yang bisa menggerogoti gigi. Karies gigi biasanya ditandai dengan noda kuning kecokelatan atau noda hitam pada gigi, yang awalnya tidak menyebabkan rasa sakit.

Seiring berjalannya waktu, karies akan menyebabkan gigi berlubang. Jika tidak segera diobati, karies gigi bisa menyebabkan sakit gigi dan gigi ompong.

Pulpa nekrotik

Pulp necrosis atau pulpa nekrotik adalah kondisi matinya pulpa gigi. Pulpa merupakan lapisan paling dalam gigi yang terdiri atas saraf juga pembuluh darah. Pulpa gigi yang sudah mati bisa disebabkan oleh cedera atau kerusakan pada gigi. Jika pulpa sudah mati, maka gigi terlihat abu-abu atau kehitaman.

Trauma

Trauma gigi retak atau patah karena terjatuh bisa menjadi penyebab gigi hitam berlubang. Benturan mengakibatkan aliran darah ke gigi berkurang. Kondisi ini bisa mengganggu pembentukan email (lapisan terluar gigi) pada anak kecil yang giginya masih dalam masa pertumbuhan. Trauma ini juga bisa menyebabkan kematian saraf gigi sehingga terjadi perubahan warna pada gigi dewasa.

Kebiasaan Merokok

Rokok mempunyai kandungan nikotin dan tar yang bisa menimbulkan stain (warna yang melekat di atas permukaan gigi). Jika kebersihan mulut kurang baik, kondisi ini bisa semakin parah. Stain akan bergabung dengan karang gigi maka lebih sulit dihilangkan. Selain itu, lapisan email juga menyerap senyawa dari nikotin maka warna gigi terlihat lebih hitam.

Seperti yang sudah dibahas diatas, penyebab gigi hitam bisa karena berbagai hal, dari kebiasaan sehari-hari, konsumsi makanan dan minuman hingga penyebab lainnya. Jika gigi Anda menghitam, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi supaya penyebabnya bisa diketahui dan diatasi dengan perawatan yang tepat.

Rutin memeriksakan kesehatan gigi juga menjadi cara yang ampuh untuk membersihkan karang gigi sebelum kondisinya semakin parah atau bahkan menghitam. Anda sangat dianjurkan untuk memeriksakan gigi setidaknya 6 bulan sekali. Dengan begitu, karang gigi akan dibersihkan lebih segera.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *