• July 22, 2024

Aplikasi PLans, Digital Asisten untuk Kesehatan Reproduksi Perempuan Indonesia dengan Fitur Lengkap

Aplikasi PLans, digital asisten kesehatan reproduksi perempuan Indonesia, resmi diluncurkan di Play Store. PLans adalah sebuah platform inovatif berbasis data yang merupakan digital asisten kesehatan reproduksi perempuan Indonesia. Melalui aplikasi ini, setiap perempuan Indonesia dapat mengakses informasi, pengetahuan dan layanan kesehatan reproduksi untuk peningkatan kualitas hidupnya.

Aplikasi PLans memberikan solusi personal berdasarkan data yang menggabungkan rekomendasi medis dengan gejala harian dan kondisi kesehatan reproduksi. Chief Executive Officer PLans, Sastya Wardani, menyatakan bahwa kehadiran aplikasi PLans dan layanannya diinspirasi dari pengalaman pribadinya dan Sandy Tantra, co founder PLans. Sastya dan Sandy mendapati bahwa banyak di antara keluarga dan sahabat mereka yang mengalami gangguan kesehatan reproduksi yang berujung ke kondisi yang akut, seperti infertility, PCOS, angkat rahim, dan kelainan kromosom janin. Kondisi yang sebetulnya bisa dihindari ataupun diantisipasi apabila ada pemeriksaan dan perawatan kesehatan reproduksi sedari dini.

“Kami menemukan data dari riset yang dilakukan Milli.eu*, bahwa 85 persen perempuan di Asia Tenggara mengaku tidak mempunyai pengetahuan maupun akses ke resources tentang kesehatan reproduksi. Padahal di era internet seperti sekarang ini, akses terhadap informasi (kesehatan reproduksi) seharusnya terbuka selebar lebarnya. Tapi karena di sekolah ataupun di rumah tidak diajarkan atau diinformasikan, mereka tidak tahu bahwa kesehatan reproduksi adalah hal yang sangat penting,” jelas Sastya. Aplikasi ini merupakan inovasi anak bangsa pertama di Indonesia yang menyediakan solusi manajemen kesehatan reproduksi perempuan yang terhubung langsung ke tenaga profesional dan layanan kesehatan reproduksi. Arya Saloka Kirim Video untuk Sarwendah, Istri Ruben Onsu Senyum Kegirangan Hingga Bilang Begini Surya.co.id

Teks Khutbah Idul Adha 2023 yang Singkat dan Penuh Pelajaran, Tiga Ibadah yang Memuat Nilai Tawakal 50 SOAL SKI Kelas 10 Ulangan/Ujian Semester 1 Lengkap Kunci Jawaban UAS SAS Sejarah Kebudayaan Islam Minimnya informasi dan edukasi seputar kesehatan reproduksi perempuan menjadi keprihatinan bagi Sastya dan Sandy. Karenanya Sastya dan Sandy menciptakan aplikasi manajemen kesehatan reproduksi yang memberikan informasi, fitur, dan resources untuk pemantauan menstruasi, masa subur, dan pilihan perencanaan keluarga.

Sastya menambahkan, tak hanya berfungsi sebagai alat pencatatan menstruasi, aplikasi PLans menawarkan berbagai fitur fitur unggulan lainnya yang dapat membantu setiap perempuan menjaga dan mengelola kesehatan reproduksinya. “Lebih dari sekadar aplikasi, PLans adalah gerakan untuk mendukung kesetaraan dan keadilan gender bagi kesehatan reproduksi perempuan. Kami berkomitmen untuk memastikan semua perempuan Indonesia dimampukan untuk mengambil alih kendali dan membuat keputusan yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi mereka, serta mendapatkan akses yang merata terhadap layanan kesehatan reproduksi. Kami akan terus mengembangkan fitur fitur yang berguna dan bekerja sama dengan lebih banyak klinik dan rumah sakit di Asia Tenggara, untuk mendukung hasil dan diagnosa yang lebih akurat,” ungkap Sastya. Fitur aplikasi PLans, antara lain:

Selain itu, inovasi teknologi digital berbasis data dan Artificial Intelligence yang diterapkan di aplikasi PLans dapat menghubungkan setiap perempuan Indonesia dengan tenaga kesehatan dan layanan kesehatan yang sesuai dan dipersonalisasi; mulai dari masalah menstruasi sampai ke infertility. Dokrter Florencia Adeline, Health Practitioner, menyambut antusias kehadiran aplikasi PLans ini. Ia sangat menghargai adanya aplikasi pengelolaan kesehatan reproduksi khusus untuk perempuan Indonesia yang dapat menggabungkan rekomendasi medis dengan gejala harian dan kondisi kesehatan reproduksi penggunanya. “Adanya aplikasi PLans membantu kami tenaga kesehatan untuk mendapatkan informasi kondisi pasien secara historis dan lebih komprehensif, sehingga tindakan ataupun saran medis yang diberikan dapat lebih efektif dan tepat sasaran. Pasien biasanya tidak ingat kondisi menstruasi mereka lebih dari 2 bulan ke belakang, padahal untuk menghasilkan diagnosa dan penanganan yang tepat, kami perlu data poin tersebut."

"Karenanya, sangat penting upaya preventif dalam menjaga kesehatan reproduksi dilakukan sedini mungkin dan secara berkala supaya bila ada penyakit akan lebih mudah ditangani dan tidak membahayakan jiwa,” tambah dr. Adel. Hal tersebut sejalan dengan misi PLans untuk memberdayakan wanita untuk mengambil kendali atas perjalanan kesehatan reproduksi mereka dan memiliki akses yang sama terhadap layanan kesehatan di manapun mereka berada. Saat ini, Plans sudah bekerja sama dengan lebih dari 150 klinik dan rumah sakit di 15 kota di Indonesia, Malaysia dan Thailand dalam memberikan layanan kesehatan reproduksi dan perencanaan keluarga.

Ke depannya, PLans berkomitmen untuk terus memberikan manfaat lebih luas bagi perempuan Indonesia dengan terus mengembangkan fitur dan layanan kesehatan agar semakin banyak perempuan yang dapat merasakan manfaat aplikasi PLans dalam menjaga dan mengelola kesehatan reproduksinya. Unduh aplikasi PLans di Google Play Store melalui link berikut bit.ly/PLansApp. Selengkapnya mengenai PLans dapat diakses melalui Instagram @with.plans dan website www.with plans.com Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *