• May 27, 2022

Beberapa Jenis Cacing Menginfeksi Tubuh Manusia, Cacing Pita.Hanya Salah Satunya

Cacing dapat menginfeksi tubuh manusia dan mengganggu kesehatan. Penyakit tersebut biasanya disebabkan karena beberapa faktor mulai faktor kebiasaan hidup serta faktor lingkungan yang kurang baik bahkan kotor.

Beberapa jenis kebiasaan yang dapat menyebabkan seseorang mudah terkena penyakit cacingan, antara lain malas mencuci tangan saat hendak makan sesuatu, mengonsumsi makanan yang kurang matang, atau tidak mencuci sayur dan buah sampai bersih sebelum mengonsumsinya.

Dilansir dari laman resmi who.int menjelaskan bahwa orang yang hidup dibawah kemiskinan maka akan semakin rentan terkena penyakit cacingan yang menggangu status gizi seseorang, dan menyebabkan hilangan zat besi dan anemia atau kekurangan darah.

Selian itu, orang yang menderita penyakit cacing juga dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan obstruksi usus, diare, gangguan asupan nutrisi, pencernaan dan penyerapan, sehingga menjaga diperlukan pengobatan secara serius.

Dalam penularannya, cacing bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, namun terdiri dari beberapa jenis yang menjadi penyebab cacingan pada manusia bahkan dapat menginfeksi anak-anak serta orang dewasa.

Dikutip dari laman resmi patient.info pada 24 Juni 2020 lewat, menjelaskan bahwa ada banyak jenis cacing yang dapat masuk ke tubuh manusia di antaranya:

1. Ascariasis atau cacing gelangCacing gelang merupakan gejala penyakit cacing yang paling umum dialami oleh manusia. Dimana cacing ini akan hidup dan berkembang biak dalam usus manusia. Adapun jenis cacing yang digolongkan dalam kelompok ini seperti cacing kremi, ascaris, cacing tambang dan trichuris.

Ascariasis dapat ditemukan di mana saja, tetapi lebih sering terjadi di wilayah dengan fasilitas kebersihan yang kurang memadai. Biasanya cacing gelang masuk ke dalam tubuh oleh orang yang memakan makanan atau air minum yang mengandung telur. Sehingga telur tersebut akan hidup dan menetas di dalam usus.

2. Cacing pitaCacing pita atau yang dikenal dengan nama Cestodes merupakan jenis cacing yang dapat menginfeksi manusia dengan tubuh yang memiliki tekstur rata, menyerupai pita serta memiliki ruas-ruas pada tubuhnya. Biasanya cacing ini akan berkembang biak pada daerah usus manusia. Orang biasanya terinfeksi disebabkan karena mengkonsumsi daging mentah.

3. Flukeworms atau cacing pipih.Flukeworms atau cacing pipih merupakan cacing yang dapat hidup di pembuluh darah, usus, paru-paru atau hati. Cacing pipih hidup di air tawar, seperti danau, waduk, dan sungai. Seseorang bisa terinfeksi cacing ini jika kontak langsung dengan air yang terkontaminasi, misalnya saat berenang atau mandi di air yang terkontaminasi cacing ini. Infeksi cacing tersebut akan menyebabkan penyakit tropis yang disebut schistosomiasis.

SABAR ALIANSYAH PANJAITAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.