• December 4, 2022

Inilah Beberapa Penyebab Mudah Berkeringat

Penyebab mudah berkeringat sangat banyak, karena berkeringat adalah serat tubuh untuk menjaga suhu serta mengeluarkan sisa metabolisme. Pada beberapa orang, jumlah produksi keringat lebih banyak dibandingkan orang pada umumnya. Kondisi yang satu ini dikenal sebagai penyakit hiperhidrosis, sehingga keringat dari orang tersebut menjadi Jalan lebih banyak.

Apa saja penyebab mudah berkeringat?

Terdapat beberapa penyebab mengapa kita sangat mudah berkeringat. Sebab, berkeringat sendiri dialami oleh setiap orang, yang mana orang mempunyai jumlah produksi keringat berbeda-beda. Pada seseorang yang mudah sekali berkeringat, tentu mempunyai porsi berkeringat yang berbeda dari orang kebanyakan.

Jenis Kelamin dan Berat Badan

Perlu diketahui, bahwa laki-laki cenderung lebih mudah berkeringat ketimbang perempuan walau perempuan mempunyai lebih banyak kelenjar keringat. Pria dan wanita dengan jumlah konsumsi air minum dan intensitas olahraga yang sama menghasilkan jumlah keringat yang berbeda.

Rata-rata keringatan diproduksi oleh wanita adalah 0,57 liter per jamnya, berbeda dengan laki-laki yang rata-rata tercatat sejumlah 1,12 liter per jamnya. Keadaan ini terjadi karena perempuan lebih mampu menjaga suhu normal dari tubuhnya. Sehingga untuk mendinginkan badan tidak perlu mengeluarkan keringat sebanyak para pria.

Penyebab mudah berkeringat selanjutnya adalah berat badan, karena orang yang obesitas lebih mudah berkeringat saat beraktivitas. Orang dengan berat badan berlebih membutuhkan lebih banyak energi, energi ini dihasilkan dari metabolisme yang membuat suhu tubuh meningkat.

Apabila Anda ingin menurunkan suhu tubuh agar kembali menjadi normal, maka kulit yang anda miliki akan mengeluarkan keringat. Itulah mengapa, orang dengan berat badan yang berlebih cenderung lebih mudah berkeringat dibanding orang-orang lainnya. Jenis kelamin dan berat badan tentu dimiliki oleh setiap orang, sehingga Anda bisa mengantisipasi penyebab mudah berkeringat ini.

Pola Makan dan Kondisi Psikologis

Pola makan juga sangat mempengaruhi keringat yang anda keluarkan lewat tubuh. Apabila anda mengkonsumsi makanan pedas, maka akan memicu banyak sekali keringat karena makanan pedas bisa meningkatkan suhu tubuh. Hal tersebut juga berlaku jika anda mengkonsumsi kopi dan alkohol yang bersifat diuretik, sehingga bisa memicu sistem sekresi baik melalui air seni atau keringat.

Penyebab mudah berkeringat selanjutnya adalah kondisi psikologis, salah satunya adalah stres atau gugup. Rasa gugup ini bisa merangsang keringat utamanya pada ketiak, telapak tangan dan telapak kaki. Adapun keringatan disebabkan oleh emosi atau kondisi psikologis tertentu menyebabkan bau yang lebih menyengat.

Hiperhidrosis

Beberapa penyebab mudah berkeringat selanjutnya adalah hiperhidrosis. Selain kondisi psikologis seperti rasa cemas yang berlebihan, bisa jadi Anda juga menderita beberapa kondisi tertentu seperti hiperhidrosis. Kondisi yang satu ini adalah kondisi yang menyebabkan produksi keringat yang anda miliki menjadi berlebihan.

Hyperhidrosis adalah kondisi yang merupakan bawaan dari sejak lahir, dan kondisi ini bisa dipicu oleh beberapa hal. Salah satunya adalah siklus menstruasi dan menopause, bahkan kehamilan dan infeksi hingga berbagai penyakit tertentu seperti hipertiroid dan hipoglikemia menjadi penyebabnya.

Hiperhidrosis diketahui tidak berbahaya bagi kesehatan yang anda miliki, walaupun keringat yang berlebih bisa menyebabkan masalah hingga membuat anda tidak nyaman. Apabila Anda ingin beberapa informasi lebih lanjut, maka anda bisa berkonsultasi dan bertanya kepada dokter spesialis.

Anda juga bisa mencari beberapa info tentang penanganan keringat yang sangat berlebih melalui layanan yang terdapat di rumah sakit. Penyebab mudah berkeringat tentu bisa diatasi jika anda mengetahui penyebab utamanya. Pastikan anda selalu menjaga pola hidup yang sehat agar bisa menghindari beberapa penyebab mudah berkeringat dan bau badan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *