• July 22, 2024

Mengenal Adaptogen, Tanaman yang Bantu Tubuh Beradaptasi dengan Stres dan Jadi Solusi Masalah Kulit

Meski bukan hal baru, tren yang sedang berkembang dalam menghilangkan stres saat ini adalah mengonsumsi adaptogen, tumbuhan atau tanaman yang dianggap dapat menetralkan efek stres pada tubuh. “Klaimnya adalah adaptogen mengurangi reaksi tubuh kita terhadap stres dan membantu kita beradaptasi dengan pemicu stres dengan lebih baik,” kata Dana Ellis Hunnes, PhD, MPH, RD, ahli diet senior UCLA Health seperti dikutip UCLA Health. Menurut dia, di beberapa bagian Asia dan India, masyarakat telah menggunakan adaptogen selama berabad abad untuk mengobati berbagai penyakit.

Di Amerika Serikat, para ahli medis mulai menyadari nilai adaptogen seiring dengan berkembangnya penelitian. Para ahli percaya bahwa adaptogen berinteraksi dengan poros hipotalamus hipofisis adrenal (HPA), yang memulai respons stres tubuh Anda dan memainkan peran besar dalam menjaga keseimbangan tubuh. Ada beberapa tanaman adaptogen yang umum digunakan, antara lain ashwagandha, terbukti membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

Kemudian ginseng, mengacu pada ginseng Amerika atau Asia, dan digunakan untuk melawan kelelahan. Mengenal Adaptogen, Tanaman yang Bantu Tubuh Beradaptasi dengan Stres dan Jadi Solusi Masalah Kulit Bantu Kulit Sehat Ternutrisi Melalui Skin Booster, Jadi Perawatan Kecantikan yang Makin Digemari

Kemenperin Petakan Masalah dan Solusi Hadapi Ketidakpastian Global Rahasia Kulit Glowing Cerah Dalam Waktu Singkat dan Tubuh yang Sehat Masalah Dugaan Kecurangan Bansos, Todung Sebut Keterangan Jokowi jadi Solusi Utama

Opini Pinjaman Daerah, Solusi Atau Masalah? Opini: Pinjaman Daerah, Solusi atau Masalah? Sementara reishi, sejenis adaptogen jamur yang digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan dan melawan kanker dipelajari efektivitasnya dalam mengobati tumor kanker.

Rhodiola, untuk mengurangi kelelahan, depresi dan nyeri. Ada pula Schisandra untuk meningkatkan konsentrasi, koordinasi dan daya tahan. Tulsi atau "kemangi suci" digunakan untuk meningkatkan fokus, mengurangi kecemasan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kehidupan serba cepat seperti saat ini cenderung membuat sebagian orang dekat dengan stres.

Menurut beberapa sumber penelitian, kondisi stres dapat mempengaruhi berbagai aspek kesehatan kulit. Dalam kondisi stres, akan terjadi peningkatan hormon stres atau kortisol di dalam tubuh sehingga memicu reaksi inflamasi yang mengakibatkan tumbuhnya jerawat, kusam, berkurangnya fungsi pelindung alami kulit hingga mempercepat proses penuaan dini. Nah, adaptogen sendiri merupakan salah satu kandungan dalam skincare Luzenti sehingga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.

Jadi, fungsi skincare tersebut tak hanya merawat dan mencerahkan kulit, tetapi juga berfungsi sebagai adaptogen. “Adaptogen merupakan agen penting yang membantu tubuh manusia beradaptasi dengan stres dan ini merupakan terobosan pertama di dalam produk perawatan kulit di Indonesia,” ujar Fauzan Nurrahman, Direktur sekaligus Head of Business Development Luzenti Skincare. Luzenti comfort care cleansing balm misalnya, yakni adaptogenic cleansing balm yang dapat membantu kulit meningkatkan resistensi kulit terhadap faktor faktor penyebab stres.

Kemudian menyeimbangkan kelembaban kulit dan mampu menangkal efek dari polusi dan radikal bebas. Ada pula azzure glow essence in serum berbentuk milky bi phase liquid yang mengandung ashwagandha yang terkenal dengan kelebihannya sebagai antioksidan yang mampu menahan radikal bebas dan mengurangi efek tanda penuaan kulit. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *