• June 24, 2024

Mengenal Asam Lambung, dan Cara Mengatasinya

Asam lambung merupakan salah satu jenis penyakit yang seringkali menyerang kesehatan tubuh seseorang. Kondisi ini dapat menimbulkan seseorang merasakan beberapa hal, seperti merasa nyeri setelah makan pedas, dada terasa panas, bahkan perut terasa tidak nyaman ketika makan terlalu banyak.

Apa Itu Asam Lambung Naik?

Asam lambung naik atau yang biasa dikenal dengan penyakit Gastroesefoageal refluks ini merupakan Kondisi yang biasanya dicirikan dengan tanda naiknya isi lambung ke esofagus. Yang mana esofagus merupakan sebuah saluran yang menghubungkan rongga mulut dengan lambung. Apabila anda mengalami hal seperti itu maka itu adalah hal yang bahaya.

Sebab esogasus tidak seperti lambung yang memiliki lapisan yang mudah untuk diperbaiki. Jika anda mengalami hal tersebut, alangkah baiknya jika memerikasan penyakit tersebut ke dokter agar tidak kambuh.

Gejala Asam Lambung Naik

Secara umum, beberapa gejala naiknya asam asam lambung pada seseorang pastinya akan berbeda-beda. Akan tetapi ada beberapa gejala yang mendasar dan memang banyak dialami oleh semua orang yang mengalami asam lambung naik. Berikut ini adalah beberapa gejala asam lambung menjadi naik antara lain :

  • Kesulitan untuk menelan makanan, dimana makanan yang sudah ditelan serasa ada yang kembali ke mulut, adanya sensasi terbakar pada dada serta merasakan adanya rasa asam di tenggorokan terutama setelah makan.
  • Terbangun pada malam hari karena batuk, suara menjadi serak atau mengalami bengkak pada pita suara, terasa nyeri pada perut bagian atas, gejala sesak terkait asma.

Apabila anda mengalami beberapa hal tersebut, kemungkinan itu merupakan gejala dari asam lambung yang naik. Untuk memastikan hal tersebut, alangkah baiknya jika segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kejelasanya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagaimana Cara Mengatasi Asam Lambung Naik ?

 

Anda Perlu Menghindari Dan Membatasi Makanan Pencetus Asam Lambung Naik

Salah satu cara mengatasi asam lambung naik adalah menghindari dan membatasi makanan pencetetus asam lambung. Yang mana hal ini merupakan hal utama yang dilakukan oleh setiap orang. Terkait masalah tersebut, secara umum makanan pencetus asam lambung naik pada setiap orang tentu berbeda-beda.

Meski demikian ada beberapa makanan dan minuman yang memang harus dihindari oleh setiap orang yaitu seperti tidak mengonsumsi makanan yang digoreng, makanan berlemak, makanan pedas, makanan asam seperti tomat dan lemon, makanan digoreng, cemilan coklat, aneka saos, susu full cream, jeroan,kopi, dan alkohol.

Bagi anda yang sedang mengalami asam lambung, beberapa makanan dan minuman tersebut wajib anda hindari agar asam lambung anda tidak naik.

Perhatikan Posisi Tidur

Selain menghindari dan membatasi makanan pencetus asam lambung, memperhatikan posisi tidur adalah hal yang sangat penting untuk anda lakukan. Memang terlihat seperti masalah kecil, akan tetapi itu juga berpengarauh untuk mengatasi asam lambung naik.

Kebanyakan orang biasanya kurang memperhatikan posisi tidurnya dan tidur dengan posisi yang salah. Alangkah baiknya jika anda mengubah posisi tidur dengan yang benar. Pastikan sebelum tidur posisi tubuh anda lebih tinggi dari tubuh bagian bawah atau pinggang.

Setelah itu usahakan agar tidur dengan posisi tubuh bagian kiri menempel pada kasur. Sebab hal itu akan membuat posisi keronggkongan anda berada di atas perut, dengan begitu asam lambung akan sulit untuk naik.

Mungkin cara ini masih belum banyak orang yang mengetahuinya, anda bisa menerapkan posisi tidur yang seperti ini setiap harinya. Sehingga nantinya akan menjadi kebiasaan dan akan tidur dengan posisis tersebut dengan sendirinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *