• December 4, 2022

Serba Serbi dan Sejarah Tentang TMII

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah kawasan taman wisata yang terletak di Jakarta Timur. Di tempat ini kamu bisa melihat berbagai rumah-rumah adat yang ada di seluruh Indonesia. Hal itu yang membuat TMII kerap dijuluki sebagai ‘miniatur Indonesia’.

Setiap suku bangsa yang ada di Indonesia memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional. Arsitektur tradisional setiap daerah dilatarbelakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki masing-masing suku. Di TMII ini kamu dapat mengunjungi berbagai anjungan daerah yang mewakili suku-suku bangsa Indonesia yang memiliki di 33 Provinsi.

Kamu bisa mengunjungi anjungan yang berada di sekeliling danau yang dibagi menjadi enam zona, mencangkup Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Setiap anjungan memiliki bangunan yang khas yang menyerupai bangunan di tempat asalnya.

Sejarah singkat Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII)

Awal mula adanya TMII adalah gagasan dari Ibu Tien Soeharto tentang pembangunan Miniatur Indonesia pada rapat pengurus YHK di Jl. Cendana No. 8, Jakarta. Gagasan berupa bangunan utama bercorak rumah-rumah adat yang dilengkapi dengan pergelaran kesenian, kekayaan flora-fauna dan benda budaya lain dari masing-masing daerah yang ada di Indonesia.

Gagasan tersebut dilandasi karena memiliki kebanggaan dan rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air. Selain itu juga untuk sarana memperkenalkan Indonesia kepada bangsa-bangsa lain di dunia. Gagasan tersebut akhirnya terwujud dengan dibangunnya taman tempat rekreasi yang mampu menggambarkan kebesaran dan keindahan Indonesia dalam bentuknya mini atau kini adalah Taman Mini Indonesia Indah.

Selain rumah-rumah adat, kamu juga bisa mengunjungi wahana lainnya yang ada disini. Kamu bisa berkunjung ke theater IMAX Keong Emas dan kereta gantung. Kamu bisa melihat pemandangan seluruh area TMII dengan cukup jelas dari atas kereta gantung. Kamu juga bisa melihat miniatur pulau Indonesia dengan cukup jelas.

Lalu kamu juga bisa menambah pengetahuan lainnya dengan mengunjungi berbagai museum di sini. Kamu bisa mengunjungi Skyworld, yag merupakan fasilitas edukasi antariksa atau astronomi dan rekreasi dengan fasilitas utama seperti Planetarium, Space, Astronomy Tours, 5D Cinema, Laser Tag, Children Water Plays, dan Playground.

Ada beberapa museum lainnya yang tersedia seperti Museum Indonesia, Museum Keprajuritan, Museum Prangko, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Olahraga Nasional, Museum Asmat, Museum Timor-Timur, Pusat Peragaan IPTEK, dan Museum Penerangan.

Saat ini Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur sedang tutup karena dalam proses revitalisasi. Proses revitalisasi TMII ditargetkan selesai pada Oktober 2022 untuk menyambut kegiatan G20.

Jika kamu wisatawan dari luar pulau Jawa khususnya pulau Sumatra yang ingin mengunjungi wisata di Jakarta dengan menggunakan pesawat, di aplikasi Pegipegi menyediakan harga tiket pesawat Padang – Jakarta yang terjangkau. Pemesanan tiket pesawat online di Pegipegi juga sangat mudah. Apalagi saat ini Pegipegi memberikan kemudahan para pelanggannya dengan menghadirkan metode pembayaran baru seperti Gopay, Akulaku, via Indomaret, dan banyak lagi lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *