• August 17, 2022

Tips Cerdas Memilih Aplikasi Kasir Online Gratis Untuk UMKM

Aplikasi kasir online gratis merupakan fasilitas penunjang bisnis yang perlu anda gunakan dalam bisnis offline maupun online. Fungsi aplikasi UMKM ini memudahkan dan mengefisienkan pengelolaan penjualan dan pembukuan keuangan bisnis.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi UMKM kasir terbaik, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu, misalnya mencari review pelanggan sebelumnya. Dengan melakukan riset, Anda juga akan mengetahui fitur apa saja yang harus ada dalam sistem kasir online hingga bagaimana memilih aplikasi UMKM yang tepat untuk bisnis Anda.

Bagaimana Cara Memilih Aplikasi Kasir Online Gratis untuk UMKM?

  1. Aplikasi Kasir Berbasis Cloud

Teknologi cloud memungkinkan semua data dari bisnis Anda diunggah ke internet sehingga Anda dapat mengakses data kapan saja dan di mana saja. Penggunaan aplikasi kasir berbasis cloud tentunya membuat Anda sebagai pebisnis lebih tenang, karena Anda bisa mengontrol dan mengawasi transaksi di luar toko.

  1. Fitur Aplikasi Kasir Terbaik Selalu Update

Mengapa? karena pembaruan fitur tentunya membuat aktivitas transaksi menjadi lebih lancar dan tanpa kendala apapun. Jadi, Anda bisa mengelola laporan penjualan dan operasional bisnis retail menjadi lebih efektif, efisien, dan tentunya cepat.

  1. Layanan Pelanggan Tersedia

Seringkali penggunaan aplikasi mengalami error atau masalah seperti sistem kasir tiba-tiba berhenti dan tidak bisa diakses. Bahkan ada fitur yang tidak bisa berjalan sehingga memperlambat operasional bisnis Anda.

Nah, disinilah peran customer service untuk membantu para pelaku usaha yang mengalami permasalahan tersebut secara cepat dan tanggap. Maka dari itu, pentingnya customer service support pada aplikasi kasir online, agar kendala yang anda hadapi dapat teratasi.

  1. Kasir Online Gratis Bisa Digunakan Multi User.

Menggunakan lebih dari satu kasir membantu Anda mengelola bisnis skala besar, terutama jika Anda memiliki banyak cabang. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki akun untuk setiap cabang agar mudah untuk melihat hasil laporan penjualan setiap cabang dan keamanannya pasti terjamin.

  1. Memiliki Fitur Keanggotaan

Tentunya Anda tidak ingin kehilangan pelanggan setia yang selalu membeli produk Anda? Adanya fitur membership atau loyalty program pada aplikasi kasir memudahkan Anda untuk mencatat siapa saja pelanggan lama Anda.

Dengan data ini, Anda dapat menggunakannya sebagai cara untuk mempertahankan pelanggan lama. Caranya mudah, kamu bisa memberikan mereka promo, diskon, atau voucher melalui membership.

Kehadiran aplikasi UMKM tentunya dilengkapi dengan fitur-fitur menarik untuk mengembangkan bisnis Anda. Fitur-fitur tersebut memberikan berbagai keuntungan bagi penggunanya. Apa keuntungan ini? Cari tahu di bawah ini!

  1. Sederhanakan tampilan bisnis digital

Bagi Anda pemilik bisnis baru, memiliki tampilan bisnis digital yang menarik akan menjadi nilai tambah. Namun, pionir bisnis seringkali tidak memiliki keterampilan visual yang baik. Belum lagi terbatasnya biaya menyewa jasa visual. Padahal, semakin menarik tampilan bisnis Anda, semakin besar potensi untuk menarik pelanggan baru.

Anda tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak website atau aplikasi yang dapat membantu Anda mewujudkan visualisasi bisnis yang diinginkan. Membuka bisnis online saat ini tidak lagi sulit karena Anda bisa mengakses ilmu seperti cara mengambil gambar yang menarik.

  1. Kelola keuangan agar lebih praktis

Ketika Anda memiliki bisnis, ada banyak hal yang harus ditangani. Dengan menggunakan aplikasi UMKM, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan hanya dari satu aplikasi. Mengelola keuangan juga lebih praktis karena semuanya tersedia dalam satu platform terpusat.

Pencatatan keuangan, pengelolaan produk, hingga analisis penjualan dapat dilakukan melalui satu aplikasi. Hal ini akan lebih praktis dibandingkan jika Anda harus mencatat keuangan secara manual, yang tentunya beresiko tinggi terhadap human error.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.