• December 4, 2022

Tips Kuliah di Luar Negeri yang Perlu Calon Mahasiswa Ketahui

Banyak calon mahasiswa yang bermimpi untuk bisa kuliah di luar negeri. Demi menggapai mimpinya, mereka berjuang mati matian belajar agar bisa diterima oleh universitas favorit mereka.

Bagaimanapun, kuliah di luar negeri memiliki banyak keuntungan, selain karena fasilitas pendidikan yang lebih lengkap, anda juga bisa menikmati keindahan kota dan tempat liburan di luar negeri di waktu senggang.

Tips Kuliah di Luar Negeri

Ada beberapa tips kuliah di luar negeri yang bisa anda terapkan jika ingin bisa berkuliah di luar negeri, apa saja kira-kira tipsnya? Berikut diantaranya:

Tentukan Tujuan

Segala sesuatu harus dimulai dari tujuan, anda harus mencari cari referensi tentang universitas yang ingin anda tuju, jurusan kuliah serta hal hal lain yang berhubungan dengan rencana perkuliahan anda.

Setelah itu, anda bisa mempersiapkan diri dengan sebaik baiknya, yakni dengan banyak belajar karena untuk masuk ke universitas tertentu terkadang tidak bisa sembarangan.

Mencari Beasiswa

Salah satu alasan kenapa orang tidak mau kuliah di luar negeri adalah beban biaya yang harus dikeluarkan selama ada di negeri orang. Biaya yang dikeluarkan bukan hanya biaya kuliah rutin saja, melainkan juga biaya tempat tinggal, makan, beli buku dan sebagainya.

Untuk kalangan keluarga menengah kebawah hal tersebut sangat sulit untuk dipenuhi, karena bagaimanapun beban biaya bulanan mungkin mencapai puluhan juta rupiah.

Sebagai solusi jika anda tidak ingin membebani keuangan keluarga demi cita cita anda kuliah di luar negeri adalah dengan mencari program program beasiswa dengan mengecek kalender beasiswa luar negeri.

Di Indonesia sendiri banyak pihak yang menyenggarakan program beasiswa kuliah di luar negeri. Baik itu dari instansi pemerintahan ataupun dari program CSR yang dibuat oleh sebuah perusahaan swasta.

Mulai Belajar Bahasa Inggris

Jika anda memang memiliki impian kuliah di luar negeri. Maka, jauh jauh hari anda harus mempersiapkan diri dengan sebaik baiknya. Salah satunya adalah dengan mulai belajar bahasa asing.

Anda bisa mulai belajar bahasa Inggris atau bahasa lainnya sesuai dengan tujuan kuliah anda. Dengan belajar bahasa asing, anda diharapkan akan lebih mudah untuk melalui berbagai tes yang berhubungan dengan kemampuan berbahasa.

Untuk belajar bahasa asing, anda bisa melakukannya secara otodidak ataupun mengikuti berbagai kursus atau pelatihan bahasa asing yang ada di sekitar tempat anda.

Memiliki Niat yang Kuat

Setiap orang memiliki niat yang berbeda ketika kuliah di luar negeri, ada yang benar benar ingin belajar dan ada juga yang kuliah di luar negeri karena ingin jalan jalan dan menikmati hidup bebas.

Sebagai calon mahasiswa internasional. Anda harus memiliki niat yang kuat, anda harus menetapkan tujuan bahwa kuliah di luar negeri untuk belajar dan mendapatkan ilmu. Bukan hanya sekedar bermain main atau bermalas malasan.

Anda harus belajar dengan giat dan lulus secepat cepatnya. Setelah itu, anda bisa pulang lagi ke Indonesia untuk memulai karir anda sesuai bidang pendidikan yang anda pelajari.

Cari Pekerjaan Freelance

Kuliah di luar negeri, tentu saja berbeda dengan kuliah di Indonesia. Disana kebutuhan untuk makan, tempat tinggal dan transportasi cukup mahal. Anda harus pintar pintar mengatur keuangan agar tidak kelaparan di negeri orang.

Nah, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan adalah dengan bekerja secara sampingan. Anda bisa bekerja di pertokoan ataupun perkebunan di area sekitar tempat anda tinggal.

Maka dari itu, jika anda merasa akan kesulitan dalam hal keuangan, sebaiknya anda mencari universitas universitas di luar negeri yang banyak lowongan pekerjaan Freelance, seperti misalnya Australia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *