• September 26, 2022

Tonjolkan Hunian Bergaya Industrial dengan Bahan Bangunan Ini!

Ingin desain rumah unik untuk hunian Anda? Gaya industrial bisa jadi salah satu rekomendasi. Jika dulunya desain ini banyak digunakan sebagai desain interior kafe atau gedung komersial, kini penerapannya juga bisa untuk hunian pribadi.

Penerapan gaya desain ini dikenal mampu menampilkan hunian dengan kesan maskulin. Namun yang paling utama, memberikan sentuhan unfinished dan cenderung lebih menonjolkan warna asli dari bahan bangunan yang digunakannya.

Inilah Berbagai Bahan Bangunan Penunjang Hunian Bergaya Industrial

Gaya hunian industrial seringkali menggunakan bahan bangunan yang terekspos. Ini dia beberapa material penunjang yang mampu memberikan kesan industrial pada hunian Anda.

  • Batako

Gaya rumah industrial dapat dengan mudah dikenali, salah satunya dengan penerapan dinding yang dibiarkan terekspos. Misalkan dengan penggunaan beton batako untuk tembok yang dibiarkan begitu saja tanpa lapisan cat atau plester.

  • Kaca

Kaca bisa digunakan untuk genteng transparan dan solid. Penerapannya bisa untuk bagian dapur, taman, atau ruang terbuka lain di area rumah. Pada rumah industrial, konsep ini mampu memberikan sirkulasi yang baik, pencahayaan alami di dalam rumah, serta lebih menonjolkan kesan industrial.

  • Kayu

Kayu menjadi material yang sangat identik untuk membuat rumah bergaya industrial. Penggunaannya memberikan kesan bernuansa rustic, serta menjadikan ruangan terasa lapang dan lebih sejuk. Agar bisa mendapatkan kesan indutrial-vintage, berikan perpaduan elemen kayu dan metal agar lebih atraktif.

  • Batu Bata Ekspos

Salah satu material yang paling sering digunakan sebagai dasar pembuatan dinding rumah adalah batu bata. Penataannya pun, seringkali dengan permukaan dinding dilapisi semen dan cat tembok. Tetapi, Anda bisa membiarkan batu bata terekspos begitu saja tanpa semen maupun cat tembok.

Membiarkannya terekspos akan memberikan kesan industrial pada rumah Anda. Biarkan dinding bata ekspos terlihat warna bata aslinya. Bahkan seringkali, adanya kerak mampu memberikan kesan unfinished untuk menguatkan gaya industrial ini.

  • Beton

Sempurnakan desain rumah industrial Anda dengan pengaplikasian beton sebagai struktur bangunan. Penerapannya juga biasa dipakai untuk pembuatan hiasan dekoratif yang unik.

Contohnya saja untuk pembuatan top table kitchen set, pinggiran taman, meja samping, ataupun pot-pot tanaman. Bahkan, para pemilik rumah juga tak jarang menggunakan lantai beton ekspos guna untuk menguatkan karakter hunian bergaya industrial.

  • Besi dan Logam

Perlu diketahui bahwa sejarah gaya industrial terinspirasi dari gudang-gudang lama yang kembali dihias dengan rangkaian besi, logam, serta berbagai perabotan vintage lain. Oleh karenanya, Anda bisa menggunakan material ini sebagai tambahan dekorasi seperti partisi hingga aksesoris jendela.

  • Kabel dan Pipa Terbuka

Konsep industrial sangat identik dengan penggunaan kabel dan pipa terbuka yang dibiarkan terekspos begitu saja. Misalnya saja rangkaian kabel dengan penutup kabel pvc, lalu lapisi dengan cat dengan warna yang sama seperti dinding maupun lantai.

  • Semen

Ciptakan kesan industrial hunian Anda menggunakan lantai semen ekspos. Tampilan lantai unfinished ini memberikan hasil akhir yang praktis dan sederhana, namun tetap memberikan kenyamanan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan finishing semen ekspos dengan pelapis cairan khusus atau coating.

Bisa disimpulkan bahwa penerapan material untuk hunian bergaya industrial, seringkali dibiarkan terekspos untuk kesan unfinished. Itulah sebabnya, penting untuk memilih bahan material yang berkualitas untuk memaksimalkan pembuatan hunian yang aman dan nyaman.

Anda harus pintar-pintar dalam memilih bahan material yang digunakan. Salah satu produk material yang menjadi rekomendasi adalah semen SCG OPC dan PCC.

Produk semen ini menawarkan tekstur lebih halus, memiliki daya rekat tinggi, serta rendah penyusutan. Kualitas semen seperti ini akan sangat memudahkan sekaligus mempersingkat waktu pengerjaan untuk pembuatan plesteran dan acian.

Selain semen, berbagai material tersedia di sini meliputi bata ringan, semen, pipa beton, mortar, pipa pvc, beton instan, beton ready mix, beton pracetak hingga fitting. Pilih berbagai bahan bangunan berkualitas untuk hunian Anda dengan produk dari SCG.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.