• September 26, 2022

Trik Rahasia dalam Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Membeli mobil bekas tidaklah mudah. Di tengah rasa bimbang karena perbandingan dengan mobil baru, ada sejumlah keuntungan yang sebenarnya bisa didapatkan dengan membeli mobil bekas. Salah satunya adalah mobil bekas sendiri dapat langsung digunakan.

Di samping harga yang ramah, pajak kendaraan bekas juga tidak setinggi pajak kendaraan baru. Tidak hanya dari segi finansial, mobil bekas juga masih baik dari segi kondisi fisik jika tips membeli berikut ini diterapkan dengan tepat.

Tips Membeli Mobil Bekas

Beberapa hal ini perlu diperhatikan ketika membeli mobil bekas. Jangan lewatkan satu poin pun!

1. Melakukan Survei

Langkah paling awal adalah lakukan survei tempat. Survei ini dapat dilaksanakan langsung di dealer jual mobil bekas offline. Ini akan membantu dalam melihat mobil-mobil bekas yang kualitasnya masih terjaga.

Meskipun sudah memeriksa secara online, ada baiknya untuk datang langsung ke lokasi.

2. Mempelajari Penjual

Beberapa mungkin tidak sabar untuk mempunyai mobil baru meskipun dalam kondisi bekas. Pencarian tentu harus dilakukan dengan teliti, sabar, dan perlahan-lahan. Temukan penjual yang menawarkan mobil-mobil dalam kondisi prima.

Jangan lupa pula untuk mempelajari bagaimana pihak penjual sebelum transaksi dilakukan.

Bukan hanya untuk menghindari penipuan atau pihak tak bertanggung jawab, tetapi untuk memastikan kembali bahwa yang dihubungi saat itu adalah benar pihak penjual dan sudah terpercaya serta berpengalaman.

3. Periksa Kondisi Eksterior dan Interior

Setelah memastikan bahwa penjual adalah pihak dealer yang asli, tips berikutnya adalah memeriksa kondisi fisik mobil, baik eksterior juga interiornya. Perhatikan dengan saksama seluruh komponen, apakah masih terlihat baik dan bekerja dengan optimal.

Komponen yang wajib diperiksa antara lain adalah bodi mobil, mesin, cairan dan aki, suspensi, ban, serta kampas rem. Untuk memudahkan pemeriksaan, gunakan alat bantu penerangan seperti senter. Bila kampas rem hanya bersisa kira-kira seperempat bagian, segera cari penggantinya.

Begitu pula jika ada suara decit saat mobil direm, itu berarti diperlukan perawatan pada bagian rem. Perhatikan pula kondisi interior mobil, di antaranya sistem audio, AC, serta switch lampu. Selain itu, periksa pula plafon, dashboard, serta karpet.

4. Ketahui Histori Service

Tanyakan kepada dealer bagaimana riwayat perawatan mobil bekas yang akan dibeli. Dengan ini, perawatan berkala dapat diperiksa melalui dokumentasi atau buku servis yang mencatat histori service-nya. Hindari membeli apabila mobil pernah dirawat karena kecelakaan atau banjir.

5. Periksa Kelengkapan BPKB dan STNK

Kelengkapan surat-surat juga perlu menjadi perhatian ketika membeli mobil bekas, terutama BPKB dan STNK asli. Periksa keasilaannya, dan pastikan bahwa kedua surat itu atas nama pemilik aslinya. Ini akan mempermudah dalam urusan administrasi, khususnya balik nama.

6. Sesuaikan dengan Kondisi Budget

Tips terpenting dalam membeli kendaraan adalah perhatian pada kondisi finansial. Beli mobil bekas sesuai kebutuhan dan situasi budget saat ini sehingga skema pembayaran tidak akan mengganggu kondisi finansial di masa depan.

Beli mobil di mo88i dipastikan akan menerima penawaran harga terbaik karena pengelolaan yang akurat dan profesional. Gunakan tips-tips di atas saat membeli karena proses pembelian pun akan selesai dengan praktis dan cepat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.