• June 24, 2024

Upaya PAFI Dalam Mengatasi Keterbatasan Akses di Daerah Terpencil

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) memiliki peran yang sangat penting untuk memastikan tersedianya obat di daerah-daerah terpencil seperti di wilayah Sintang Kalimantan Barat.

Komitmen Pafi untuk menghadapi tantangan ini terlihat jelas dengan adanya berbagai upaya yang dilakukan. Ragam upaya Pafi dalam menghadapi keterbatasan akses penyediaan obat di daerah terpencil akan diuraikan pada artikel ini.

Apa Saja Upaya PAFI Dalam Mengatasi Keterbatasan Akses di Daerah Terpencil

Melakukan kerja sama dengan pemerintah setempat dan lembaga kesehatan

Persatuan ahli farmasi Indonesia selalu pro aktif melakukan kerja sama dengan pemerintah setempat dan lembaga kesehatan lainnya supaya dapat memastikan ketersediaan obat yang memadai. Dengan menjalin kemitraan ini, PAFI dapat dengan mudah melakukan identifikasi kebutuhan obat yang mendesak sehingga dapat dipastikan bagaimana melakukan distribusi yang tepat waktu.

Selain itu, Penting juga untuk menyediakan  transportasi khusus dalam mengirimkan obat-obatan ke daerah-daerah yang sulit untuk diakses.

Program apoteker keliling

PAFI perlu meyelenggarakan program apoteker keliling dengan melakukan pengiriman apoteker ke beberapa desa terpencil secara berkala. Dengan membawa obat-obatan dan memberikan edukasi terhadap masyarakat akan pentingnya penggunaan obat yang benar, memungkinkan peningkatkan kesadaran kesehatan oleh masyarakat sehingga dapat memastikan bahwa obat-obatan tersebut dimanfaatkan dengan tepat.

Penggunaan teknologi informasi

Salah satu upaya Pafi untuk mengatasi kendala kesulitan akses dalam penyaluran obat-obatan dan layan kesehatan didaerah terpencil, PAFI melakukan upaya dalam mengatasi kendala tersebut dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Dengan mengembangkan sistem informasi kesehatan akan memungkinkan pemantauan stok obat secara real-time. Dengan adanya sistem ini, kebutuhan obat pada setiap fasilitas kesehatan bisa dipantau jarak jauh dan diisi ulang dengan mudah, cepat dan efisien.

Kehadiran Teknologi dan informasi ini juga memungkinkan terjadinya konsultasi jarak jauh antara apoteker dengan pasien yang ada daerah terpencil yang sulit dijangkau.

Melakukan pelatihan dan pengembangan kapasitas

Upaya pafi yang lain dalam mengatasi kendala akses di daerah terpencil yaitu dengan memberikan pelatihan reguler kepada tenaga kesehatan lokal terkait manajemen obat dan cara menangani kasus-kasus medis yang biasa terjadi pada umumnya.

Peningkatan kapasitas tenaga farmasi, memungkinkan PAFI dapat membantu memastikan bahwa peayanan kesehatan tetap berjalan lancar secara optimal walaupun apoteker tidak berada di tempat pelayanan kesehatan. Adapun cakupan pelayanan ini terdiri dari cara melakukan penyimpanan obat yang benar, pengendalian stok, dan lain sebagainya.

Pembangunan gudang obat regional

Dalam rangka mengatasi masalah logistic didaerah terpencil, Persatuan ahli farmasi Indonesia (Pafi) berinisiatif untuk membentuk gudang obat regional di lokasi strategis yang mudah dijangkau. Keberadaan gudang ini memiliki funsi sentral sebagai pusat distribusi agar dapat dilakukan penyimpanan obat dalam jumlah besar dan mendistribusikan dengan mudah dan efisien menuju fasilitas kesehatan lainnya.

Dengan adanya pembangunan gudang regional, waktu pengiriman obat ke daerah terpencil bisa dilakukan dengan cepat dan lebih efisien. Ini memastikan penanganan masalah di daerah terpencil seperti di wilayah Sintang kalimatan Barat.

Penutup

Komitmen Pafi telah ditunjukkan dengan ragam upaya diatas untuk mengatasi tantangan akses penyediaan obat di wilayah-wilayah terpencil melalui berbagai inisiatif dan strategi yang inovatif dari Pafi Sintang Kalimantan Barat.

Langkah-langkah diatas merupakan upaya yang konkret yang telah diambil pafi untuk mengatasi keterbatasan akses obat di wilayah terpencil. Dengan upaya tersebut, PAFI memiliki peran yang sangat penting dalam peningkatan kesehatan masyarakat di daerah-daerah terpencil. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pafi Sintang, anda dapat mengakses situs resminya di https://pafisintang.org/.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *